Senin, Agustus 24, 2009

Harga Produk BannerPOINT

Harga BannerPOINT dari beberapa supplier besar untuk wilayah Bali dan Jawa Timur sudah siap. Sebagian besar *8 Bali sudah melihat daftar harga ini kemarin (12 Agustus), dan semuanya setuju bahwa ini adalah harga yang sangat bagus untuk memulai :)

Saat ini manajemen BannerPOINT masih menyelesaikan survei harga pasar di 9 kabupaten, sehingga kita bisa memastikan daftar SKU yang akan kita gunakan adalah SKU dengan tingkat kompetitif harga terbaik. List barang dan harga final dapat diakses lewat sistem aplikasi BannerPOINT oleh para DP terdaftar yang sudah memiliki kunci akses ke server BannerPOINT mulai 15 Agustus 2009.

Harga jual kita saat awal BannerPOINT beroperasi berada pada tingkat yang sangat kompetitif. Ini dibuktikan dengan membandingkan proyeksi harga kita dengan harga di pasar (kita sudah survei harga pasar di Denpasar yang dilakukan kemarin di 7 peritel modern: HYPMT, CRFR, RMYN, GNT, HRDS, TRDWT, RBNSN) dengan tingkat harga kita di bawah harga rata-rata dari objek pembanding (harga rata-rata = Jumlah harga barang yang sama di ke-7 objek studi dibagi dengan 7).

Untuk barang-barang dengan margin sangat tipis (contoh: minyak goreng, mie instan, dll), seperti yang sudah saya utarakan sebelumnya akan kita jual dengan PV 5% (setengah dari PV normal). Apabila volume kita sudah betul-betul besar, sangat mungkin untuk menaikkan nilai PV kembali ke 10%.

Sebagai gambaran, berikut harga beberapa produk (catatan: HARGA BISA BERUBAH SEWAKTU-WAKTU DAN BERLAKU HANYA UNTUK KOTAMADYA DENPASAR)...

Kecap Sedap Botol 620 ml: BannerPOINT = Rp13,200,-
RMYN=14,500 TRDWT=15,230

Pasta gigi Ciptadent Cool Mint 120gr: BannerPOINT = Rp3,350
HYPMT=3,330 CRFR=3,350 GNT=5,890 HRDS=3,270 TRDWT=3,310

Pencuci piring Mama Lime 400ml: BannerPOINT = Rp4,450
HYPMT=4,350 CRFR=6,300 GNT=4,790 HRDS=4,330 TRDWT=4,640

Dari harga di atas dan variasi harga beberapa peritel modern, Anda bisa simpulkan sendiri seberapa besar peluang BannerPOINT untuk menguasai pasar ritel di Indonesia. Harga kita saat ini baru harga awal dengan volume yang sangat kecil dibandingkan volume peritel modern yang sudah dibangun selama belasan hingga puluhan tahun. Kalau baru awal saja harga kita sudah kompetitif, artinya konsep kita terbukti benar (bahwa MLM selain merupakan metoda marketing yang sangat efektif juga merupakan jalur distribusi yang sangat efisien).

P.S.: Manajemen BannerPOINT belum dan tidak akan mengumumkan daftar harga kepada publik. Daftar harga hanya dapat diakses oleh para DP dan distributor Tianshi terdaftar lewat sistem aplikasi BannerPOINT. Konsumen dapat melihat harga dari katalog harga yang dicetak (print) oleh distributor Tianshi (tersedia untuk dicetak dari aplikasi BannerPOINT POS).

Dari Notes Ferdinand F. Liu

Tidak ada komentar: